RSS : Articles / Comments


Infromasi Terkini

Reviewmu.com

Pengguna Facebook di Indonesia Terbanyak Kedua di Dunia

10:25 AM, Posted by Ade Irawan, One Comment

YOGYAKARTA - Perkembangan dan dampak teknologi informasi luar biasa. Tahun ini pengguna internet di Indonesia sudah mencapai 30 juta, sedangkan tahun lalu baru sekitar 20 juta. Bahkan pengguna facebook di Indonesia nomor dua di dunia, awal tahun lalu baru satu juta user, sedangkan sekarang sudah 10 juta user.

Hal itu dikemukakan AVP Information Technology Service Strategy PT Telkom Indonesia Syaiful Hidayat dalam acara Pelatihan Internet Pesantren "Wahana Syiar Digital" Tahap II Angkatan ke-1, yang berlangsung tanggal 28-29 Oktober 2009, di Pondok Pesantren Yayasan Ali Maksum.

''Dengan internet kita bisa bisa bersaing dengan bangsa lain. Internet ibarat sebilah pisau. Internet bisa untuk hal-hal bisa bermanfaat, tetapi juga sebaliknya. Dengan internet kita bisa menjadi syi'ar Islam dan melakukan inovasi. Kalau kita tidak bisa membuat inovasi, kita akan dijajah negara lain dan ini sudah mulai terjadi. Seperti game-game di internet yang bikin Korea,''ungkap Syaiful.

Dengan adanya pelatihan internet ini diharapkan para santri bisa mengantisipasi adanya tantangan, ancaman, gangguan internet yang terdiri dari tiga "G" yaitu girls (digunakan untuk porno), game yang berlebihan dan gambling (perjudian). Karena itu para santri yang mengikuti pelatihan yang berasal dari 40 pondok pesantren di Yogyakarta dan sekitarnya diharapkan dapat menggunakan internet untuk hal-hal yang bermanfaat termasuk meng-counter tiga ancaman tersebut.

Dia mengungkapkan banyak tulis di facebook tidak hanya sekedar berisi keluh-kesah dan hal-hal yang tidak bermanfaat. ''Padahal dengan face book selain bisa sebagai ajang silaturahmi dengan teman-teman lama, juga bisa membikin grup untuk berbagi ilmu serta bisa memunculkan kreativitas dengan membuat aplikasi-aplikasi Islami,''kata dia.

Syaiful mengemukakan Telkom membantu menumbuhkan kreatif digital di Indonesia diantaranya dngan menyelenggarakan lomba cipta lagi kreatif yang bertemakan Islam. Telkom juga menyelenggarakan Indigo fellowship. Mereka yang mempunyai ide kreatif bisa dikirim ke telkom.

Tahun ini dari 600 peserta ada lima pemenang. Setiap pemenang akan dilatih, dibina dan dipromosikan ide kreatifnya lewat media telkom. ''Para santri juga bisa membuat ide kreatif misalnya game tentang perjuangan nabi dan ini bisa diikutkan indigo fellowship tahun depan,''tutur dia.

Yang membatasi seseorang untuk menggunakan internet, Syaiful menambahkan, hanya kemauan dan imajinasi. Menurut dia, internet selain bisa digunakan untuk syi'ar, juga bisa untuk bisnis/mendapatkan income. Karena itu dia berpesan kepada 100 santri yang mengikuti pelatihan jangan berhenti kreatif. ''Justru jadikan tantangan untuk kreatif,''kata dia.

nri/ahi

By Republika Newsroom
Kamis, 29 Oktober 2009 pukul 12:29:00


One Comment

Neng Novie @ August 22, 2010 at 9:45 AM

Asslamualikum.... Saya kembali berkunjung, kunjungan balik ya, oia saya pindah blog, blog baru saya ini http://obatjerawatalami.blogspot.com

Tolong Review ya Friends... Wasslm...